Feeds RSS

Minggu, 26 Januari 2014

Diskusi CT tentang CHF Sinistra + Angina Unstable e.c Hipertensi

HASIL DISKUSI BERDASARKAN KASUS

1.       Jelaskan mekanisme tanda dan gejala CHF pada kasus !
Tanda dan gejala pasien CHF berdasarkan kasus :
·         Nafas cepat dan dangkal
Gagal jantung kiri mengakibatkan terganggunya kontraktilitas jantung sehingga curah jantung menurun maka terjadilah peningkatan vena pulmonalis mengakibatkan cairan mengalir dari kapiler paru ke alveoli terjdilah edema paru sehingga pengembangan paru pertukaran O2 dan CO2 terganggu kemudian mengakibatkannafas menjadi cepat dan dangkal.
·         Akral teraba dingin
Gagal jantung kiri mengakibatkan tidak adekuatnya darah ke jaringan dan vasokontriksi perifer sehingga   akral teraba dingin.
·         Keringat dingin
Gagal jantung kiri mengakibatkan tidak adekuatnya darah ke jaringan  kemudian terjadinya vasokontriksi kulit dan menghambat kemampuan tubuh untuk melepaskan panas maka terjadilah keringat dingin.
·         Sianosis
Gagal jantung  kiri bisa menyebabkan edema paru karena complience paru terganggu kemudian pertukaran O2 dan CO2 terhambat maka transfer O2 tidak sampai ke perifer sehingga terjadilah  sianosis.
·         Batuk dengan percikan darah
Gagal jantung  mengakibatkan tidak adekuatnya darah ke jaringan sehingga terjadi peningkatan tekanan cairan pada paru yang akan mendesak ruang alveolus sehingga alveolus pecah maka terjadilah batuk dengan percikan darah.

2.       Jelaskan mengenai kelainan bunyi crakles pada paru !
Crakles adalah bunyi yang jelas, bunyi terus menerus terbentuk oleh jalan napas kecil yang terbuka kembali atau tertutup kembali selama akhir inspirasi. Crackles terjadi padapnernonia, gagal jantung kongestif, dan fibrosis pulmonalis. Baik crackles inspirasi maupun ekspirasi dapat terauskultasi pada bronkiektaksis. crackles keras dapat terdengar pada edema pulmonalis dan pada pasien sekarat. Seringkali crackles keras dapat terdengar tanpa stetoskop karena ini terjadi padajalan napas.Respirasi dan nadi meningkat sebagai mekanisme kompensasi untuk menjaga supaya Cardiak Output tetap seimbang.

3.       Termasuk jenis CHF mana pada kasus ?
Pada kasus di atas, termasuk jenis CHF sinistra (gagal jantung kiri)

4.       Kenapa gagal jantung kiri selalu mendahului terjadinya gagal jantung kanan ?
Gagal jantung kiri dapat berkembang menjadi gagal jantung kanan akibat meningkatnya tekanan vaskuler paru – paru hingga membebani ventrikel kanan. Selain itu, disfungsi ventrikel kiri juga mempunyai pengaruh langsung terhadap fungsi ventrikel kanan melalui fungsi anatomis dan biokimiawinya. Kedua ventrikel mempunyai satu dinding yang sama, yaitu septum interventrikuler, dan keduanya terletak dalam perikardium.

5.       Jelaskan mengenai therapi yang diberikan pada kasus dan tindakan medis yang dilaksanakan !
·         Cairan infus Dextrose 10 % merupakan cairan  hipertonik yang osmolaritasnya lebih tinggi dibandingkan serum, sehingga “menarik” cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel ke dalam pembuluh darah. Mampu menstabilkan tekanan darah, meningkatkan produksi urin, dan mengurangi edema (bengkak). Penggunaannya kontradiktif dengan cairan hipotonik.
·         Dobujek (kardiotonik), untuk meningkatkan Tekanan Darah.
·         Furosemid (diuretik), untuk mengatasi edema. Kontra indikasinya : Gagal Ginjal Akut, hepatik koma, hipokalemia. Efek samping : gangguan gastrointestinal, neprokalsinosus pada bayi prematur.
·         Lanoxin, untuk memperkuat kontraksi jantung. Indikasi : payah jantung, aritmia. Kontra indikasi : bradikadi sinus, pasien dengan suntikan kalsium. Efek samping : dosis berlebihan dapat mengakibatkan anoreksia, mual, muntah, disorientasi.
·         Pemberian morfin dimaksudkan untuk:
o   mengurangi kecemasan yang biasanya menyertai edema pulmoner akut
o   mengurangi laju pernafasan
o   memperlambat denyut jantung
o   mengurangi beban kerja jantung.

6.       Apa rasionalnya pasien CHF dengan posisi fowler ?
Duduk menyebabkan cairan mengalir dari paru-paru sehingga penderita lebih mudah bernafas. Untuk menghindari sesak, sebaiknya penderita gagal jantung tidur dengan posisi setengah duduk.

7.       Jelaskan  dampak CHF ke organ lain !
·         Sistem perkemihan
Gagal jantung Æ suplai darah ke ginjal terganggu Æ hormon renin menurun Æ produksi urin output terganggu karena kontraksi menurun Æ suplai darah ke kapiler glomerulus berkurang Æ filtrasi berkurang Æ retensi urin.
·         Sistem pernafasan
Gagal jantung kiri Æ cairan tertahan di ventrikel kiri Æ penumpukan cairan di atrium kiri Æ peningkatan tekanan vena pulmonal Æcairan mengalir ke kapiler Æ alveoli Æ peningkatan permeabelitas kapiler Æ kebocoran plasma di seluruh jaringan paru Æ edema paru Æ pengembangan paru tidak optimal Æ sesak.
·         Otak
Gagal jantung kiri Æ suplai darah ke otak terganggu Æ hipoksia (kekurangan O2) di otak. 
·         Sistem Muskuloskeletal
Gagal jantung kiri Æ penurunan cardiac outputÆ gangguan sirkulasi darah perifer  Æ penurunan pembuangan fungsi metabolik Æ penurunan fungsi otot Æ kelelahan.

8.                                                       Jelaskan mengenai diet  cair yang diberikan pada pasien dengan CHF ?
Pada pasien CHF diberikan diet cair dengan tujuan untuk meminimalisasi aktivitas pasien (mengunyah), karena pasien CHF aktivitasnya harus dibatasi untuk meminimalisasi kerja jantung.

8.       Jelaskan mengenai gambaran EKG pada kasus !
Gambaran EKG takhikardi menunjukan frekuensi denyut jantung yang meningkat.
Gambaran EKG disritmia menunjukan adanya kelainan denyut jantung yang meliputi gangguan frekuensi atau irama atau keduanya.

9.       Apa yang dimaksud  dengan kongesti vaskuler pulmonal ?
Kongesti (gangguan sirkulasi ) vaskuler pulmonal adalah terdapat darah secara berlebihan di dalam Pembuluh Darah pada daerah paru.

0 komentar:

Posting Komentar