Feeds RSS

Selasa, 12 Februari 2013

Penyakit yang b.d Lipid


Artikel: Penyakit yang Berhubungan dengan Lipid/ Lemak
Oleh, Nur Azizah
NIM: 4002120107

Lipid atau lemak merupakan senyawa organik yang mempunyai rantai Carbon (C) yang berikatan dengan gugus Methil (CH3) dan Carboksil (COH), tidak larut dalam pelarut air tetapi larut dalam pelarut organik seperti: ether, alkohol, cloroform, dan benzena.

Banyak penyakit yang berhubungan dengan lipid, diantaranya yaitu pankreatitis akut.
Pankreatitis akut adalah inflamasi pankreas yang ditandai autodigesti pankreas oleh enzim pankreas. Sel-sel pankreas mengalami cedera atau kematian sehingga terbentuk daerah nekrosis dan perdarahan. Stimulasi sistem imun dan inflamasi menyebabkan pankreas mengalami edema dan pembengkakan.
Penyebab Pankreatitis
Pankreatitis dapat terjadi akibat penyumbatan duktus pankreatikus, biasanya disebabkan batu empedu di duktus biliaris komunis. Hiperlipidemia adalah faktor risiko untuk perkembangan pankreatitis. Hiperlipidemia, gangguan lipoprotein primer bisa melibatkan kolesterol, trigliserida, atau keduanya. Hiperlipidemia dapat menstimulasi secara berlebihan pelepasan enzim-enzim pankreas, atau berperan menyebabkan terbentuknya batu empedu. Alkoholisme kronis juga berkaitan dengan pankreatitis, mungkin akibat stimulasi pelepasan enzim pankreas atau akibat kerusakan pada sfingter Oddi di usus halus.

Gambaran Klinis
ü  Nyeri, sering di daerah epigastrium dan menyebar ke punggung, biasanya setelah makan banyak atau minum alkohol berlebihan. Nyeri disebabkan pembengkakan dan peregangan duktus pankreatikus. Nyeri mungkin sangat hebat.
ü  Mual dan muntah dapat menyertai serangan pankreatitis. pasien tampak sangat sakit.
Perangkat Diagnostik
ü  Analisis darah biasanya memperlihatkan peningkatan kadar amilase dan lipase serum
ü  Selama serangan akut sering terjadi hiperglikemia dan hiperlipidemia
ü  Hitung sel darah putih meningkat sewaktu terjadi inflamasi dan semakin tinggi apabila terjadi infeksi.
Komplikasi
ü  Dapat terjadi penurunan tekanan darah dan syok kardiovaskular pada serangan yang hebat akibat pelepasan sistemik mediator inflamasi
ü  Dapat terjadi abses pankreas jika pankreas terinfeksi. Nekrosis jaringan dapat menyebar. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan, kolaps sirkulasi, atau sepsis.
Penatalaksanaan
ü  Berpuasa makan dan minum untuk mengurangi sekresi pankreas dan modifikasi diet (yaitu rendah lemak dan pembatasan diet untuk mencapai berat badan ideal)
ü  Cairan diberikan secara intravena untuk mempertahankan volume dan tekanan darah
ü  Diberikan golongan narkotik, biasanya meperidin (Demerol) untuk mengurangi nyeri. Morfin, yang dapat menyebabkan spasme sfingter Oddi, tidak diberikan.

0 komentar:

Posting Komentar