Feeds RSS

Selasa, 12 Februari 2013

AntropSos


ANTROPOLOGI SOSIOLOGI
Nama   : Nur Azizah
NIM    : 4002120107
1.      Pengertian sosiologi
Definisi sosiologi menurut para ahli:
Allan Jhonson
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.
Emile Durkheim
Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.
Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.
Soejono Sukamto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.
Dari berbagai pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa sosiaologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari cara sosial seorang individu terhadap individu dan individu terhadap kelompok atau masyarakat atau lingkungan untuk memahami proses sosial yang terjadi dalam lingkungan dan perubahannya supaya individu tersebut mampu untuk mengendalikannya, dapat dikatakan juga sebagai ilmu bermasyarakat.
2.      Pengertian antropologi
Definisi antropologi menurut para ahli:
Menurut Ralfh L Beals dan Harry Hoijen : 1954: 2
Antropologi adalah ilmu yang mempelajarai manusia dan semua apa yang dikerjakannya.
William A. Haviland
Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
David Hunter
Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
Koentjaraningrat
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
Dari berbagai pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang karakteristik manusia atau seluk beluk manusia.

3.      Manfaat sosiologi kesehatan
Berikut ini merupakan manfaat ilmu sosiologi bagi kesehatan, yaitu:
a)    Mempelajari cara orang meminta pertolongan medis
b)   Mengetahui latar belakang sosial-ekonomi masyarakat dalam pemanfaatan layanan kesehatan
c)    Menganalisis faktor-faktor sosial dalam hubungannya dengan etiologi penyakit
d)   Menganalisis fakta –fakta sosial (sakit, cacat fisik)



4.      Manfaat antropologi kesehatan
Anderson (2006: 247) menyatakan bahwa kegunaan antropologi bagi ilmu-ilmu kesehatan terletak dalam tiga kategori utama:
a)    Ilmu antropologi meberikan suatu cara yang jelas dalam memandang masyarakat secara keseluruhan maupun para anggota individual mereka. Ilmu antropologi menggunakan pendekatan yang menyeluruh atau bersifat sistem, dimana peneliti secara tetap menanyakan, bagaimana seluruh bagian dari sistem itu saling menyesuaikan dan bagaimana sistem itu bekerja.
b)   Ilmu antropologi memberikan suatu model yang secara operasional berguna untuk menguraikan proses-proses perubahan sosial dan budaya dan juga untuk membantu memahami keadaan dimana para warga dari “kelompok sasaran” melakukan respon terhadap kondisi yang berubah dan adanya kesempatan baru.
c)    Ahli antropologi menawarakan kepada ilmu-ilmu kesehatan suatu metodelogi penelitian yang longgar dan efektif untuk menggali serangkaian masalah teoretis dan praktis yang sangat luas, yang dihadapi dalam berbagai program kesehatan.









DAFTAR PUSTAKA

Anderson, Foster. 2006. Antropologi Kesehatan. Jakarta: UI Press.

Anonim. 2011. Sosiologi dan Antropologi Kesehatan. Diperoleh http://ajago.blogspot.com/2011/08/sosiologi-dan-antropologi-kesehatan.html (diakses 8 Oktober 2012).

Arifin, Masyhuri. 2009. Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli. Diperoleh http://exalute.wordpress.com/2009/03/29/pengertian-sosiologi-menurut-para-ahli/ (diakses 8 oktober 2012).

Ifzanul. 2009. Definisi Antropologi Menurut Para Ahli. Diperoleh http://ifzanul.blogspot.com/2009/12/definisi-antropologi-menurut-para-ahli.html (diakses 8 Oktober 2012).


0 komentar:

Posting Komentar